TERNYATA INI PENYEBAB PKH, BPNT DAN BST TIDAK CAIR !! JANGAN SAMPAI DILAKUKAN

 

Sahabat Sosial, pada postingan ini kami khususkan untuk menjawab pertanyaan dari subscriber tentang PKH, BPNT dan BST di tahun 2021, karena tahun ini merupakan tahun special untuk kemensos, Selain bertepatan dengan pandemic covid19 kemensos Juga dipimpin oleh seorang Mentri yang memiliki kinerja luar biasa hebatnya yaitu ibu Tri Risma Harini, Kemudian adanya program pemadanan NIK penerima bansos dengan data dukcapil menyebabkan dinamika pencairan PKH, BPNT dan BST bikin hati deg-degan. Karena yang pada tahap ini cair bisa jadi pada tahap berikutnya tidak cair.

Kami akan menjawab 7 pertanyaan yang paling sering muncul, dan bagi yang komentarnya belum saya muat pada sesi ini berti sudah sudah diwakili oleh sahabat social yang lain ya.. atau akan kami bahas di lain sesi. Ok langsung saja pertanyaan pertama dari sahabat social “



DEVINA RAHAYU “ Pagi kaka saya anggota pkh baru angkatan bulan Mei 2021 kak tapi sampai sekarang kok masih zonk kak gak ada saldo yang masuk ya..uang ya sembako nya padahal saya sudah terima KKS, setiap saya cek kosong kak, gmna kak mohon infonya ?

Untuk sahabat social Devina Rahayau, “ Jadi kami sampaikan ya.. bahwa untuk peserta PKH Baru validasi 2021 yang sudah dapat KKS dan sudah pernah mendapatkan pencairan satu kali yaitu pada tahap 2 atau yang belum sama sekali,.. memang untuk tahap ke 3 ini belum ada yang dicairkan ya… ada kemungkinan kemensos masih focus mencairkan data untuk peserta lama yang sampai saat ini sudah sampai termin ke 6. Untuk ibu Devina jangan bolak balik ke ATM ya.. Jika sering digesek KKS malah bisa rusak, lebih baik tunggu info dari pendamping, karena informasi pencairan akan disampaikan melalui pendamping PKH untuk selanjutnya diteruskan ke KPM “

Baca Juga : BESOK BANSOS BPNT DISALURKAN DENGAN QRIS

2. Ade Junda “ Kak kapan BST tahap 7 dan 8 cair lagi

Untuk sahabat social Ade Junda.. program BST untuk tahaun 2021 awalnya hanya sampai bulan April saja, kemudian diperpanjang 2 bulan yaitu Mei dan Juni 2021 dan tidak dilanjutkan lagi, ke tahap 7 dan 8, namun dalam sebuh rapat mensos pernah menyampaikan jika penerima BST berpeluang untuk mendapatkan Kartu Sembako, senilai 200 ribu.. namun kepastiannya kapan sampai saat ini belum ada konfirmasi kembali. Namun masih bisa memiliki peluang ya.. karena penerima BST masuk dalam DTKS Kemensos.

3. Reza Guns “ Aku ada anak sekolah, lansia PKH tahap 1 dan 2 cair tapi tahap 3 kok gak cair… lagi butuh banget..

Bagi sahabat social yang mengalami ini kami harap untuk bersabar, bagi yang bansosnya belum cair baik tahap 2 maupun 3 kemungkinan besar ada permasalahan terkait data, bisa jadi belum padan, bisa jadi dobel, dan saat ini kemensos sudah menyerahkan kembali data tersebut ke darah-daerah untuk diperbaiki, dan jika sudah selesai maka kemensos akan segera mencairkan dana bansos tersebut.

4. Yoga Yogi “ Assalamualaikum .. PKH ku tahap 3 belum cair.. apa saya termasuk graduasi “ ?

Untuk tahap 3 sampai dengan saat ini sudah sampai pada termin ke 6 dan tidak menutup kemungkinan ada termin ke 7 dan seterusnya mengingat masih banyak juga yang belum cair, pencairan dilakukan oleh kemensos jika data KPM sudah padan, tidak ganda dan tidak bermasalah. Saat ini juga kemensos sudah menyerahkan data penerima bansos yang bermasalah ke masing-masing daerah untuk diperbaiki. Apa saya termasuk Graduasi ? menurut kami tidak ya kak,… karena kalau graduasi KPM itu membuat surat pernyataan Mengundurkan diri dan tanda tangan dia tas materai, namun ada juga jika KPM Tidak mau graduasi sedangkan kondisi ekonominya sangat mamapu dan bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat maka pihak kampung bisa melakukan graduasi paksa melalui Muskam/Muskel”

5. Rizky Awaludin “ KKS saya yang lama rusak dan saya sudah dapat ganti KKS baru dari bank Mandiri, untuk uang PKH bulan juli kemarin cair tapi BPNT bulan juli dan agustus gk cair mohon solusinya

Untuk kak Rizky, kami harap bersabar ya, kami juga selau mengingatkan untuk menjaga KKS dengan baik, karena jika rusak atau hilang kemudian diterbitkan KKS yang baru bisanya salah satu bansos bisa tidak cair, karena bank terkadang habis stok KKS bansosnya sehingga diberikan ATM yang regular dampaknya salah satu bansos bisa tidak cair, biasanya bansos BPNT nya. KKS bansos yang sahabat social miliki meruapakan ATM special karena ada 2 waalet/kantong didalamnya bisa terima PKH dan BPNT.

Namun ada juga KPM setelah ganti KKS,, BPNT nya tidak cair tiba-tiba cair beberpa bulan kemudian dengan kondisi dobel. Jadi ya bersabar saja ya… suatu saat nanti akan cair

6. SIti Djubaidah “ Saya atas nama masyarakat, kiranya ibu Risma bisa mencairkan lagi KKS khusus untuk Lansia yang kartu-kartunya sudah di non aktifkan.. kasihan mereka sudah tidak berdaya, penghasilan juga tidak ada …

Apa yang disampaikan sahabat social Siti Djuabaidah meruapakan tantangan paling besar kami sebagai pendamping dalam menjelaskan ke KPM, kami juga yang langsung terjun ke KPM bisa merasakan beratnya beban hidup mereka, yang sudah tidak dapat bekerja lagi.

Adapun yang menjadi pertimbangan kemensos adalah karena pada tahaun 2020 lalu kemensos berencana memisah program lansia dan disabelitas dalam program sendiri, sebagimana yang pernah di sampaikan Mensos sebelum ibu Risma “ Kita bikin program bansos khusus bagi masyarakat berusia lanjut dan disabelitas “ namun hingga saat ini belum ada kelanjutannya program tersebut, ya mudah-mudahan di kepemimpinan ibu Mensos bisa di dilaksankan atau dirubah kembali. Yang menajdi pertimbangan juga jika lansia tunggal itu bukan bagian dari keluarga, namanya kelarga ada anak, ibu dan bapak,.. maka dianggap kurang tepat jika dimasukan program PKH.

Tapi sebenarnya bagi lansia tunggal ada solusi silahkan di masukan ke dalam KK anaknya yang juga mendapatkan bansos, sehingga komponen lansianya tetap bisa dipertahankan.

7. Bilal Persada “ Saya sudah lama masuk BDT sudah lama kok belum cair-cair juga ya..?

Sudah mamsuk dalam BDT/DTKS memang tidak langsung menjadi peserta bansos, ada yang sudah 1 tahun 2 tahun atau lebih, karena dalam DTKS itu berisi jutaan data, sedangkan kuota program pemerintah seperti PKH, BPNT dan BST terbatas, tapi bagi yang masuk DTKS berpeluang besar akan mendapatkan bansos, karena penambahan penerima bansos akan diambilkan dari data DTKS yang sudah di sahkan oleh Kemensos.

Dan bagi yang masuk DTKS bisa mendapatkan PKH, BPNT, BST, KIP, KIS, dan Subsidi Listrik.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan