SELAMAT !! PEMILIK KARTU SEMBAKO/BPNT AKAN MENDAPATKAN BANTUAN TAMBAHAN INI. INI WAKTU PENYALURANNYA

Pada postingan ini kami akan berbagi informasi penting, untuk penerima Bansos Kartu Sembako atau BPNT, karena pemerintah akan memberikan bantuan tambahan, kira-kira bantuan tambahan apa ya… dan kapan mulai akan disalurkan ?

Sahabt social, Penerima Kartu sembako merupakan masyarakat miskin yang masuk dalam DTKS, Bantuan kartu sembako diberikan setiap bulan dengan nilai 200.000 yang diberikan dalam bentuk barang di ewarung, dan saat ini Kemensos sedang menyiapkan skema penyaluran dengan menggunakan aplikasi finctak, jika uji coba ini sukes maka akan diterapkan secara nasional dan KPM bisa belanja diwarung mana saja.



Baru-baru ini ada informasi menggembirakan karena Bappenas/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mengungkapkan bahwa pemerintah berencana membatasi pembelian gas elpiji 3 kilogram hanya untuk pemilik kartu sembako. Tentu ini menajdi angin segar untuk penerima bansos Kartu sembako.

“Jadi penerima kartu sembako juga akan menerima elpiji dan kita harapkan lebih berkah bagi mereka yang pantas menerima,” ujar Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi di Kantor Bappenas Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Pungky menjelaskan skema pemberian elpiji subsidi 3 kilogram tersebut akan berbasis pada Nomor induk Kependudukan (NIK) yang kini Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tengah diperbaiki oleh Kementerian Sosial. Pemerintah menargetkan pembaruan data DTKS tersebut selesai pada akhir 2021.

Baca Juga : TERNYATA INI PENYEBAB PKH, BPNT DAN BST TIDAK CAIR ! JANGAN SAMPAI DILAKUKAN

“Skemanya akan kita masukkan ke data (penerima) sembako, tapi data sembakonya kita perbaiki sesuai NIK,” kata Pungky.

Menurut Pungky, elpiji 3 kilogram selama ini yang menggunakan skema subsidi berbasis komoditas membuat semua orang bisa menikmati meskipun tidak berhak.

“Padahal maksud pada awalnya untuk orang yang membutuhkan. Sekarang sedang disiapkan proses pengalihannya,” kata Pungky.

Lebih lanjut, dia menjelaskan alasan pemerintah memilih masyarakat pemilik kartu sembako sebagai orang yang berhak membeli elpiji 3 kilogram dikarenakan pemerintah tidak ingin kembali menambah skema perlindungan sosial yang semakin semrawut.

Wacana penertiban pemberian subsidi gas 3 Kg sebanrnya sudah lama diwacanakan, namun hal tersebut terkendala data DTKS yang dianggap harus diperbaiki terlebih dahulu, agar subsidi yang akan diberikan nantinya benar-benar tepat sasaran.

Dimasa kepemimpinan ibu Mensos Risma inilah DTKS mulai menunjukan progress perbaikan, terlebih setelah dipadankan dengan dukcapil. Sehingga datanya bisa digunakan untuk pemberian subsidi yang lainnya seperti gas tiga kilo ini.

Lalu kapan akan dimulai pemberian gas 3 Kg untuk penerima Kartu Sembako, jadi saat ini bappenas masih menunggu progress penyelesaian perbaikan DTKS yang di targetkan Akhir tahun 2021. Jika data tersebut sudah clear maka di tahun 2022 program pemberian gas 3 Kg akan diberikan berbasis penerima yaitu untuk pemegang kartu sembako, bukan berbasis komunitas seprti saat ini yang dianggap banyak kekurangan, karena yang memanfaatkan ada juga masyrakat yang dianggap mampu.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa pemerintah mengubah skema subsidi energi dari berbasis komoditas menjadi berbasis penerima secara bertahap mulai tahun 2022.

Selain elpiji 3 kilogram, reformasi subsidi tersebut juga direncanakan untuk listrik. Jadi akan dilaksanakan secara bertahap ya… untuk awal tahun 2022 mulai diterapkan untuk gas elpiji 3 kg dan selajutnya akan diterapkan juga untuk pemberian subsidi listrik.

 


Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan