MENSOS SERAHKAN BANTUAN RP. 2.500.000 UNTUK PESERTA PKH, KARENA SUDAH MELAKUKAN HAL INI

 

Sahabat social, banyak sekali program bansos yang disalurkan oleh kemensos, baik itu bantuan bencana alam, bantuan sembako dampak covid, bantuan BST, bantuan alat kesehatan, bantuan Kartu Sembako dan Bantuan PKH.

Program PKH di Kementrian social meruapkan program regular, yang dimaksud regular adalah program yang memang sudah ada di kementrian sosial dan dianggarkan setiap tahunnya, dan program PKH juga merupakan janji presiden Jokowi saat pilpres untuk tetap melanjutkan program tersebut.



PKH dianggap strategis untuk membantu dan mengurangi angka kemiskinan, karena di program PKH bukan hanya bantuan tunai saja yang di dapatkan oleh KPM, tapi KPM PKH juga bisa mendapatkan program komplementer lainnya seperti KIP, KIS, Subsisdi Listrik, subsidi gas.

Bahkan KPM PKH juga mendapatkan pendampingan melalui kegiatan pertemuan kelompok, dalam pertemuan kelompok tersebut ada edukasi untuk menjadi keluarga sejahtera, dengan merancang pendidikan yang baik untuk anaknya, mengatur keuangan keluarga bahkan sampai teknik dan cara-cara untuk memulai sebuah usaha.

KPM PKH memang didorong untuk memulai usaha, agar bisa mandiri dan tidak lagi berharap bansos yang diberikan pemerintah, dan dalam kunjungannya dengan anggota DPR RI ke berbagi wilayah mensos menyempatkan secara simbolis mencairkan bantuan modal usaha senilai 2.500.000 untuk KPM PKH.

Bantuan modal usaha 2.500.000 yang diberikan kemensos hanya untuk peserta PKH yang memiliki usaha dan sudah mengajukan graduasi mandiri. Bagi keluraga penerima manfaat yang merasa sudah mampu secara ekonomi dan mengundurkan diri dari program PKH kemensos memberi modal usaha senilai 2.500.000 untuk terus meningkatkan penghasilan usahanya.

Berdasarkan pengalaman kami dan rekan-rekan pendamping saat melakukan graduasi KPM PKH, biasanya KPM yang sudah mampu secara ekonomi ada kekhawatiran jika keluar dari PKH kondisi mereka kembali susah seperti saat belum menjadi peserta PKH, disaat seperti itulah kemensos hadir dan memantapkan langkah KPM dengan memberinya modal usaha 2.500.000,- dan didorong untuk terus meningkatkan pendapatan usahanya.

Baca Juga : TERNYATA INI PENYEBAB PKH, BPNT DAN BST TIDAK CAIR !! JANGAN SAMPAI DILAKUKAN

Saat menyerahkan bantuan modal usaha 2.000.000 tersebut ibu mensos menayakan berapa pendapatan KPM “ ko berani keluar dari PKH?” kemudian bpk tersebut menjawab 100 ribu perhari, ibu mensos langsung menanggapi hal tersebut, agar KPM  lebih meningkatkan kembali dengan menambah jualannya, seperti di tambah gorengan dan lain-lain, sehingga pendapatannya perhari bisa lebih meningkat ke 200 atau lebih perharinya..

Sahabat social, pada tahun 2020 sendiri keemsos sudah menggraduasi hampir 1 juta lebih KPM, baik itu graduasi mandiri maupun graduasi alamiah. Ini menunjukan bahwa program ini sudah sangat tepat untuk pemberdayaan dan dapat mengurangi angka kemiskinan.

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan