BESOK BANSOS BPNT DISALURKAN DENGAN APLIKASI QRIS

 

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi penting untuk Penerima Bansos PKH, BPNT dan BST karena kemensos akan melakukan terobosan baru dalam penyaluran bansos yaitu menggunakan Aplikasi sehingga bisa mengurangi resiko pungutan-pungutan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena dana akan langsung masuk ke hp masing-masing.

Karena selama ini kemensos masih menggunakan KKS/ATM yang dinilai memiliki kelemahan-kelemahan, seperti adanya KKS yang dipegang oleh orang lain, kemudian adanya pengumpulan KKS oleh oknum.

Dan kebijakan kemensos ini akan membuka peluang usaha untuk para pelaku UMKM, yang bergerak disektor perdagangan, toko atau warung.



Sahabat  menarasiger, Proses penyaluran bansos dari tahun ketahun terus mengalami perubahan, dulu bansos PKH diberikan dalam bentuk uang tunai dengan antri berjam-jam di kantor post, kemudian kemensos bekerjasama dengan bank Himbara dengan diterbitkannya KKS/ATM merah putih sehingga KPM bisa menarik bansosnya kapan pun dan dimana pun.

Namun dengan adanya KKS/ATM ternyata masih juga ditemukan kelemahan-kelemahan seperti yang kami sebutkan diawal video tadi. Sehingga Ibu Tri Risma Harini mencari formula yang lebih baik dalam penyaluran bansos yaitu menggunakan Aplikasi Finctek. Karena bantuan bisa langsung masuk ke HP masing-masing dan dapat di ditarik atau dibelnajakan dimana saja.

Dalam waktu dekat ini kemensos akan melakukan uji coba dalam penyaluran Bansos BPNT/Kartu sembako yaitu menggunakan aplikasi QRIS, mungkin diantara sahabat youtuber sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini ya….

Jadi nantinya KPM BPNT/Kartu sembako bisa mencairkan bantuannya di warung atau toko mana saja yang sudah menginstal aplikasi ini, dan bisa melakukan pembelian kebutuhan masing-masing dan tidak dipaket-paketkan seperti selama ini. Namun daftar barang apa saja yang bisa dibeli sudah ditentukan di aplikasi tersebut.

Dan barang apa yang bapak dan ibu beli menggunakan aplikasi ini akan bisa langsung dimonitor oleh ibu Risma.

Hal ini dianggap lebih memudahkan KPM dan lebih mudah diawasi penggunaan dananya oleh ibu mensos secara langsung.

Dalam merancang aplikasi QRIS untuk penyaluran bansos ini kemensos bekerjasama dengan Bank Indonesia dan OJK, sehingga aplikasi ini diharapkan bisa tetap di gunakan walau hanya menggunakan hp jadul..

Dan kebijakan kemensos ini akan semakin menghidupkan para pelaku UMKM, seperti warung dan toko2 yang ada di kampung-kampung karena mereka bisa menjadi penyalur bantuan social jika sudah menginstal aplikasi tersebut..

Namun saat ini kebijakan ini baru masuk masa uji coba dan jika dianggap sukses maka akan diterapkan secara nasional.

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan