KABAR GEMBIRA !! PENDAFTARAN BPUM TAHAP 3 2021 SUDAH RESMI INI BUKA ! INI CARA DAN SYARAT DAFTARNYA

 

Pada postingan ini kami akan berbagi informasi Pendaftaran BPUM untuk tahun 2021 sudah dibuka ! Apa saja syaratnya untuk pendaftaran BPUM 2021? Dimana tempat daftarnya ? Berapa kuotanya? Apakah bisa daftar secara online atau tidak? Yuk kita bahas sama-sama ….

Sahabt UMKM, sudah banyak yang menanti kapan dibuka pendaftaran BPUM di 2021, mengingat program ini sangat membantu pealku UMKM yang terdampak pandemik sehingga omsetnya terjun bebas dan tinggal 30% saja.

Melalui akun instagram resmi @KemenkopUKM hari ini diupdate informasi menggembirakan informasinya adalah sebagai berikut : Halo #sahabatUKM yang pasti sudah gak sabar menunggu informasi program banpres produktif untuk pelaku usaha mikro.



Kopmin mau informasikan kalau pelaksanaan program tersebut sudah mulai dapat diakses. Kabar terbarunya, usulan baru calon penerima bantuan sudah dapat diajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UKM kabupaten/kota masing-masing.

Semoga bantuan ini bermanfaat buat sobat yang benar-benar membutuhkan bantuan tambahan modal.

Dari update informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pendaftaran BPUM untuk usulan baru calon penerima BPUM sudah dapat dilakukan, berdasarkan pantau kami sudah ada kab.kota yang mulai membuka pendaftaran dinatranya adalah Kab. Bengkulu dibuka mulai tanggal 5 April dan pendaftran dilakukan secara langsung ke dinas Koperasi dan UKM.



Apa saja Syarat untuk mendaftar BPUM ?

Syarat untuk mendapatkan bansos UMKM 2021 ini menurut Peraturan Nomor 2 Tahun 2021 yaitu:

1. Warga negara Indonesia;

2. Memiliki KTP elektronik;

3. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan;

4. Bukan ASN, Anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.

5. Tidak sedang mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Dimana tempat Daftarnya ?

Jadi untuk tahun 2021 yang menjadi lembaga pengusul hanya satu saja yaitu Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten kota, jadi bagi yang akan melakukan pendaftran bisa langsung ke DInas KOperasi dan UKM Masing-masing kab.kota

Berapa kuotanya untuk tahun ini ?

Kemenkop akan menyalurkan BPUM 1,2 di tahun ini ke 12,8 Juta pelaku UMKM akan tetapi untuk 9,8 Juta diambilkan dari peserta lama di 2020, sisanya 3 juta diperuntukan untuk calon usulan baru, namun saat ini kemenkop juga sedang mengajukan ke kementrian keuangan untuk mendapatkan tambahan 12 juta pelaku UMKM lagi.

Apakah bisa mendaftar online atau tidak ? Apakah ada linknya?

Untuk menjawab hal ini, jadi masing-masing kabupaten kota di setiap wilayah memiliki kebijkan masing-masing ada yang bisa daftar secara online ada juga yang hanya siap menerima berkas secara fisik saja, tunggu terus updatenya informasinya di chanel ini ya… akan kami bagikan linknya jika sudah terkonfirmasi kab.kota membuka pendaftaran BPUM secara online.

Ok sahabat UMKM biasanya ketika kita konfirmasi ke DInas Koperasi dan UKM masing-masing wilayah ada yang sudah siap membuka pendaftaran namun terkadang ada juga yang belum siap karena alas an informasi dari pusat yang belum sampai, padahal jelas-jelas di akun ig @kemkop ukm sudah diumumkan… maka kami harap sabat umkm bisa bersabar dan mengikuti kebijkan dinas koperasi dan ukm yang ada di masing-masing daerah.

Begitu juga untuk persyaratan ada yang mengharuskan menggunakan SKU (Surat ket usaha) ada juga yang hanya cup dengan foto saja, yang jelas ikuti kebijkan yang ada dimasing-masing daerah ya… slemat berjuang untuk mengakses BPUM kemenkop UKM

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan