CARA CEK PENERIMA BPUM 2021. KHUSU UNTUK YANG TERDAFTAR BPUM 2020


Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah mencairkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM. Program BLT UMKM dikucurkan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional, ditengah pandemic covid19

Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, pencairan telah dilakukan kepada 5,2 juta pelaku UMKM. Besaran bantuan kali ini adalah Rp 1,2 juta, sesuai dalam Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.



Bagaimana mengetahui bahwa kita terdaftar sebagai penerima atau tidak?  Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan, untuk mengetahui apakah masuk daftar penerima yang memperoleh bantuan tersebut atau tidak dapat mengakses laman e-Form BRI. yakni https://eform.bri.co.id/bpum.

"Dalam penyalurannya, BRI menyalurkan BPUM sesuai dengan data penerima yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM RI," ujar Aestika saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/4/2021) siang.

Setelah mengakses e-Form BRI, masukkan nomor e-KTP (NIK) dan mengisi kode verifikasi serta melanjutkan proses inquiry untuk mengetahui hasilnya. Jika Anda belum bisa mengakses laman e-Form BRI, artinya proses pemutakhiran data masih berlangsung. 

Dan untuk saat ini untuk mengetahui penerima BPUM atau tidak hanya bisa dengan mengakses eform.bri.go.id/bpum dan belum ada sms notifikasi seperti yanga terjadi di tahun 2020.

Ok sahabat UMKM, kemudaian bagaimana yang statusnya sudah terdaftar dan masuk dalam 5,2 Juta UMKM sudah disalurkan? Apakah bisa langsung dicairkan?

Nah dalam hal ini pihak bank BRI melaui corporate secreariynya bu Aistika mengatakan "Apabila tercatat mendapatkan BPUM, maka selanjutnya dapat segera menghubungi Kantor Cabang BRI terdekat untuk waktu/jadwal pencairan,". Mengenai pencairan, Aestika menekankan akan dilakukan secara bertahap sesuai tanggal yang diberikan oleh BRI. Penerima BPUM bisa datang sesuai jadwal yang ditentukan dengan membawa identitas diri.

Jadi kesimpulannya untuk yang ststusnya terdaftar di eform BRI bisa langsung ke bank BRI dengan membawa data diri, kemudian untuk jadwal pencairannya dilakukan secara bertahap ditentukan oleh jadwal disepakati bank BRI.

Kemudian Bagaimana yang statusnya belum terdaftar padahal pada tahun 2020 sudah mendapatkan BPUM? Untuk menjawab hal ini ada 2 kemungkinan yang terjadi, pertama ada kemungkinan sudah terdaftar tapi datanya belum di mutakhirkan di eform BRI.go.id maka kami sarankan untuk selalu mengecek berkali di eform bri,

adapun kemungkinan yang kedua belum termasuk kedalam data 5,2 juta yang telah disalurkan di tahap pertama di 2021 ini seperti yang disampaikan Deputi Bidang Pembiayaan Hanung Harimba Rahman. Karena kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2020 ada 12 juta pelaku umkm yang mendapatkan BPUM, maka masih ada 6,8 juta yang belum tersalurkan.

Dan yang terakhir bagaimana untuk yang belum lolos pada tahun 2020? Kapan akan di buka pendaftaran untuk tahun ini,,, berdasarkan pantauan kami di akun instagram @kemenkop UKM banyk netizen yang sudah menanyakan kapan dibuka pendaftrannya, namun admin hanya menjawab tunggu info selanjutnya sobat… berti tetap bersabar menunggu info pembukaan pendaftarannya lagi…

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan