SELAMAT ! DAPAT SUPA (SURAT PERTEMUAN AWAL) LANGSUNG JADI PESERTA PKH 2021 ?!

 

Pada artikel ini kami akan berbagi informasi penting “ Apakah yang sudah dapat supa (Surat Pertemuan Awal) Langsung Jadi Peserta PKH ?

Sebenarnya pembahasan ini sudah pernah kami ulas dalam bentuk video di chanel Nasrulloh Arul, namun kami rasa perlu kami perjelas lagi pada bulan ini, mengingat pada bulan Januari ini ada agenda valiadasi atau penambahan calon peserta PKH baru sebanyak 1,9 juta seluruh Indonesia.


 

Maka tidak menutup kemungkinan banyak sekali masyarakat yang mendapatkan SUPA (Surat Pertemuan Awal) dan memang terbukti banyak di group-group media sosial mulai banyak yang meng share informasi tersebut.

Namun saya jelaskan terlebih dalu Apa itu SUPA, dan siapa saja yang menerima?

Supa merupakan surat undangan bagi calon peserta PKH yang namanya masuk dalam daftar Validasi/calon peserta PKH, nama-nama tersebut langsung turun dari Kementrian sosial berdasrkan DTKS yang sudah di input dan disetujui oleh masing-masing wilayah atau daerah, untuk di tingkat kampong DTKS Dinput oleh operator Siks NG kampong, untuk menentukan siapa saja yang layak masuk DTKS dilakukan berdasarkan Muskam/Muskel dan di tuangkan dalam berita acara, untuk selanjutnya berita acra tersebut juga di upload di system siks Ng. Dan yang sudah masuk DTKS juga tidak bias begitu saja langsung dapat bansos, namun ada proses tunggu yang harus dilewati.

Jadi ibu-ibu jangan berharap bisa mendapatkan supa jika nama ibu tidak masuk kedalam DTKS, untuk mengecek apakah kita sudah masuk dalam DTK atau belum bisa melakukan dengan cek online web resmi DTKS, masukan NIK kemedian enter.

Dalam surat undangan pertemuan awal itu calon peserta PKH diwajibkan membawa berkas-berkas untuk validasi, Foto copy KTP, KK, KKS, Kartu Menuju Sehat (Balita) Buku Raport (anak sekolah) berkas-berkas tersebut sebagai bukti bahwa calon peserta PKH tersebut memiliki komponen yang dipersyaratkan dalam program PKH.

Namun jika syrat-syarat tersebut tidak dapat terpenuhi karena KPM tidak memiliki komponen maka dapat dipastikan KPM tersebut tidak lolos validasi, dan berti gagal untuk menajdi peserta PKH.


 

Saat valiadi juga pendamping PKH melakukan koordinasi dengan aparat kampung dan home visit (kunjungan ke rumah-rumah calon KPM) hal tersebut dalakukan untuk memastikan kelayakan calon KPM PKH.

Kemudian bagi peserta BPNT yang mendapatkan Supa (masuk valiadasi) maka jika proses valiadasinya berjalan lancar serta memiliki komponen yang dipersyaratkan maka bantuan social PKH nya dikemudian hari akan dicairkan melalui KKS BPNT tersebut. Adapun bagi yang belum terdaftar sebagai peerima BPNT dan belum memiliki KKS maka untuk selanjutnya jika disetujui sebagai peserta PKH akan diterbitkan KKS Baru atau ATM Baru.

Demikinalah informasi yang dapat kami sampaikan semoga ini menjadi edukasi untuk calon peserta PKH yang namanya saat ini masuk dalam dafatar valiadasi.

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan