TIGA JENIS BANTUAN SOSIAL INI CAIR AWAL JANUARI 2020

Apaka kabar sahabat menarasiger.com,? Kami akan berbagi informasi 3 Jenis Bantuan sosial yang akan langsung dicairkan di awal Januari 2021? Kira-kira bantuan apa saja ya..? nama sahabat menarasiger.com masuk tidak ya…

Anggaran pemerintah tahun 2021 masih fokus ke pemulihan ekonomi dan kesehatan. Program-program pemulihan ekonomi masih tetap di lanjutkan begitu juga program bansos dan Bantuan Langsung Tunai.

Dan di bidang kesehatan pemerintah mengusahakan pengadaan vaksin covid19 yang nilai anggarannya juga cukup lumayan besar. Berdasrkan informasi yang langsung disampaikan oleh Presiden Jokowidodo pemerintah akan menggratiskan biaya vaksin covid19 untuk seluruh masyarakat Indonesia, dan presiden juga siap menjadi orang pertama untuk divaksin.



Presiden juga mengintruksikan untuk segera menyalurkan bansos di awal Januari 2021 hal tersebut dimaksudkan agar belanja dan konsumsi masyarakat meningkat, sehingga dapat menggerakkan ekonomi di lapisan bawah.

Ada tiga jenis Bansos yang akan dicairkan diawal Januari 2020 oleh Kementrian sosial terdiri dari program regular dan non regular, yang di maksud dengan program regular adalah program yang memeang sudah berjalan sebelum adanya pandemic covid19, dan program non regular adalah program yang ada setelah adanya pandemic covid19.

1.    PKH (Program Keluarga Harapan)

Adapun program Bantuan sosial yang pertama yang akan disalurkan di awal Januari 2021. Adalah program keluarga Harapan. Penerima manfaat program ini di tahun 2020 digenapkan menjadi 10 Juta KPM diseluruh Indoensia dengan total anggaran yang disiapkan di tahun 2021 sejumlah 40,3 Triliun.

Sebagimana tahun sebelumnya pencairan PKH untuk awal tahun 2021 akan dilaksanakan pada awal Januari 2021 lebih tepatnya bisa dicairkan di minggu pertama sampai dengan minggu ke dua di Bulan Januari, ada pun skema pencairan yang digunakan kemungkinan besar masih menggunakan skema perbulan sebagaimana pada tahun 2020.

Program ini dianggap efektif mengurangi angka kemiskinan, hal tersebut dibuktikan dengan tercapainya target graduasi mandiri di tahun 2020 sebanyak 10 %, dan di tahun 2021 Kemensos kembali meningkatkan target graduasi sebanyak 30 % atau 3 juta peserta PKH.

Graduasi adalah keluarnya peserta secara mandiri dari program PKH karena menggap dirinya sudah mamapu secara mental maupun ekonomi.

Banyak kejutan yang akan terjadi di tahun 2021, dengan target graduasi sebesar itu kemensos pada tahun 2021 akan merumuskan graduasi by design, atau graduasi yang direncanakan dengan matang. Para pendamping PKH akan dibekali dengan pelatihan dan ketrampilan yang dapat menunjang ekonomi KPM.

2.    Program BPNT/Sembako

Adapun Bansos ke dua yang akan dicairkan diawal Januari adalah Program BPNT, Untuk Program Sembako/BPNT, dilakukan perluasan kepesertaan dari semula 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM Program Sembako di tahun 2020. Tahun 2021, kepesertaan Program Sembako/BPNT ditetapkan sebesar 18,5 juta KPM dengan total anggaran di tahun ini 44,7 Triliun.

Peserta program sembako/BPNT menerima saldo di KKS sebesar Rp. 200.000 rupiah yang hanya dapat dibelanjakan dalam bentuk Sembako, yang mengandung korbohidrat, protein nabati dan hewani serta buah-buahan. KPM dapat mengambilnya di ewarung yang sudah ditunjuk oleh bank Himbara, dalam juknisnya KPM bisa mengambil di ewarung mana saja dan tidak boleh di kondisikan di salah satu ewarung.

3.    BST (Bantuan Sosial Tunai)

Adapun bansos yang ketiga yang akan di cairkan di awal Januari 2021 adalah Bantuan Langsung Tunai atau lebih dikenal dengan BST (Bantuan Sosial Tunai)  menurut Bapak Muhajir Efendi Plt/atau pengganti sementara Mentri Sosial, karena saat ini presiden sedang mencari pengganti mensos yang lama, sudah ada beberpa kandidat yang muncul, kita masih menunggu info resminya.

Baca Juga : Penting !! Info PKH Bulan Desember2020. Cair Akhir Bulan Ini?

Jadi menurut Muhajir Efendi untuk wilayah Jabodetabek Program sembako akan diberikan secara Tunai/cesh, bagi yang sudah memiliki rekening bank Himbara akan disalurkan melalui bank tersebut, adapun bagi yang belum memiliki rekening akan disalurkan melalui PT Post Indonesia.

Kebijakan ini sudah direncanakan sejak lama, jadi tidak ada kaitannya dengan kasus korupsi yang terjadi belakangan ini, begitu juga untuk yang diluar Jabodetabek BST akan disalurkan juga di awal Januari 2020. Namun program ini sementara di dianggarkan sampai dengan Juni 2021 dengan nilai Bantuan 300 ribu setiap bulan.

Keputusan apakah akan dilanjutkan sampai dengan desember 2021 atau tidak tergantung perkembangan ekonomi Indonesia, jika dirasa sudah mulai membaik program ini dicupkan sampai dengan Juni 2021.

4.    Jenis Bansos Yang Akan di Perpanjang 2021

Selain tiga bansos tersebut yang akan dicairkan di awal januari 2021 pemerintah juga memperpanjang program-program pemilihan ekonomi, namun bagi sahabat menarasiger.com  yang sudah mendapatkannya di 2020 tidak akan bisa mendpatkannya lagi, dan bagi yang belum mendpatkan maka kesempatan untuk mendapatkannya semakin besar. Program tersebut diantaranya adalah.

1.     Bantuan Subsidi Upah Bagi prakerja yang memiliki gaji di bawah 5 juta rupiah dari Kemnaker

2.     Bantuan UMKM/BPUM untuk pelaku usaha yang terdampak pandemic covid19 dari Kemnkop UKM

3.     Kartu Prakerja, yang mulanya program ini untuk para pencari kerja, korban PKH, maupun yang sedang bekerja untuk meningkatkan skilnya, dengan adanya pamdemi program ini menjadi semi bansos, dan siapa saja bisa daftar.

Dan ketiga program tersebut semuanya memiliki nilai manfaat yang sama yaitu 2.400.000 dengan skema penyaluran yang berbeda-beda.

Demikianlah tiga jenis Bantuan sosial yang akan disalurkan awal Januari 2021, semoga bermanfaat.

Sumber : Chanel Yt Nasrulloh Arul     

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan