SIAPKAN INI ! BANTUAN BPUM/UMKM TAHAP 3 AKAN SEGERA DIBUKA, INI WAKTU SYARAT MENDAPATKANNYA

 

Sahabat menarsiger.com pada artikel ini kami akan kembali memebahas Bantuan UMKM/BPUM Tahap yang ke III, Bagaimana kabarnya sahabat menarasiger.com? Saya ucapkan terimakasih untuk yang sudah setia mengikuti situs kecil ini, dan mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam hidup ini.aamiin

Pemerintah memelaui Kemenkop UKM telah membuka pendaftaran Bantuan UMKM tahap yang ke I dan II, tahap ke I di buka pada bulan Agustus dan September dan tahap ke II dibuka pada bulan Oktober dan November, dan di bulan Desember ini masih pada proses pengumuman untuk tahap yang ke II sampai dengan akhir Desember 2020.

Pengumuman penerima BPUM di lakukan melalui SMS Notifikasi dan bisa juga dengan melakukan cek mandiri di eform.bri.co.id/bpum dan  untuk yang sudah melakukan pendaftaran di tahap yang ke II terus cek nik nya di eform.bri.co.id/bpum karena penguman dilakukan secara bertahap…mudah-mudahan berhasil ya… karena sudah banyak yang dinyatakan lolos. Bagi yang sudah cair silahkan tulis dikolom komentar dan sebutkan wilayahnya…

Baca Juga : CAIR HARI INI BANTUAN UMKM TAHAP 2 MELALUI SMS NOTIIKASI. INIDAERAHNYA

Kemudian Kapan di buka pendaftaran untuk tahap yang ke III dan apa syaratnya untuk mendapatkannya?

Berdasarkan informasi resmi dari situs pembiayaan.depkop.go.id bahwa BLT UMKM 2.4 JUTA DIPERPANJANG HINGGA 2021.



Menteri Koperasi dan UKM  Teten Masduki menyatakan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai ( BLT) sebesar Rp 2,4 juta untuk pengusaha mikro bakal diperpanjang hingga tahun 2021.

"Jika perekonomian nasional pada kuartal I-2021 masih landai, maka bantuan ini kemungkinan besar akan diteruskan,"

Teten mengatakan, bantuan ini diberikan secara cuma-cuma alias hibah untuk membantu para pelaku usaha mikro agar memiliki modal ketika membuka usahanya.

BLT ini diberikan kepada pengusaha mikro yang benar-benar memenuhi persyaratanlah yang akan mendapatkan bantuan ini.

A.   SYARAT MENDAPATKAN BLT UMKM

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan ini adalah :

1.    Penerima sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan.

2.    Pelaku usaha merupakan WNI, dibuktikan dengan NIK

3.    Mempunyai usaha mikro dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul

4.    Bukan ASN,TNI,POLRI, pegawai BUMN dan BUMD

Kemudian bagaimana caranya, ? Para pendaftar bisa langsung menghubungi Dinas koperasi dan UKM di masing-masing Kabupaten Kota, namun ada beberapa Dinas koperasi yang membuka pendaftaran secara online dengan portal situs pendaftaran masing-masing daerah, untuk linknya akan kami share pada postingan berikutnya, silahkan terus pantau web ini untuk mendapatkan informasi terbaru.

Selain melalui Dinas Koperasi dan UKM kabupaten kota pendaftar bisa juga melakukan pendaftaran di lembaga pengusul yang lainnya seperti koperasi berbadan hukum yang ditunjuk oleh kemenkop UKM, baik koperasi konvensional maupun koperasi berbasis syariah seperti BMT (Baitul Mal Wattamwil) dan BTM (Baitut Tamwil MUhammadiyah).

Kemudian bisa juga melakukan pendaftaran di lembaga jasa keuangan di bawah OJK seperti PNM Mekar, namun bagi yang sudah menjadi anggota PNM mekar tidak perlu mendaftar karena nama kita sudah di daftarkan oleh petugas mekar, dan jika dinyatakan lolos maka petugas akan memberikan buku tabungan dan ATM dari bank BNI berlogo khusus seperti ini….

B.   WAKTU PENDAFTARAN TAHAP KE III

Kemudian Kapan waktu pendafatran bantuan UMKM Tahap yang ke 3 ?? Berdasarkan selisih waktu pendaftaran dan pengumuman di tahap yang ke 1 dan 2 untuk bulan Desember ini masih menyelesaikan penguman peserta yang di nyatakan lolos di tahap yang ke 2. Jadi Kemungkinan Besar akan di buka pada bulan Januari 2021 namun untuk resminya kita masih menunggu informasi resmi dari kemenkop UKM.

C.   PERHATIKAN HAL INI AGAR BISA LOLOS PENDAFTARAN

Kemudian apa yang perlu diperhatikan saat melakukan pendaftaran di tahap yang ketiga agar tidak gagal? Karena ada yang sudah melakukan pendaftaran di tahap yang ke 1 dan ke 2 sampai saat ini masih belum lolos?

·       Pastikan memiliki EKTP dan NIK yang kita input saat melakukan pendaftarann benar tanpa ada kesalahan 1 digit.

·       Pastikan no Hand Phone yang di gunakan benar dan masih aktif.

·       isi semua kolom pendaftaran, nama usaha, status pekerjaan saat ini dll.  jangan sampai ada yang terlewat.

·       pastikan link yang kita gunakan untuk mendaftar benar, bukan link hoaxs.

·       Dan untuk yang memiliki simpanan di bank, pastikan saldo tabungan tidak lebih dari 3 juta rupiah

·       Lihat jadwal dan waktu pendaftaran di masing-masing dinas koperasi kab.kota, jangan sampai jadwal pendaftaran secara online sudah di tutup tapi kita baru melakukan pendaftaran karana itu akan sia-sia.

 

Demikianlah sahabat menarasiger.com tetap semangat, dan semoga ekonomi Indonesia cepat pulih, kita bisa beraktifitas normal seperti biasanya.aaminn

Ikuti juga chanel Youtube kami disini Nasrulloh Arul

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SIAPKAN INI ! BANTUAN BPUM/UMKM TAHAP 3 AKAN SEGERA DIBUKA, INI WAKTU SYARAT MENDAPATKANNYA"

  1. Nama saya Muktar dari karawang sudah terdaftar dan sudah cair, hatur nuhun

    BalasHapus

tinggalkan pesan