PENTING !! INFO PKH BULAN DESEMBER 2020. CAIR AKHIR BULAN INI??


Sahabat menarasiger.com, apa kabar? Semoga kita selalu dalam kebaikan dan mendapatkan keberkahan dalam hidup ini,aamiin.

Dipenghujung tahun 2020 kita harus selalu mengavaluasi kelemahan-kelemahan yang kita miliki serta mencatat keberhasilan apa yang sudah kita raih, sehingga kita berharap bisa lebih baik lagi di tahun 2021.

Begitu juga dengan program Pemerintah Bantuan social PKH yang telah selesai di disalurkan pada bulan Oktober 2020. Berharap KPM PKH bisa mandiri memiliki penghasilan yang lebih baik, sehingga bisa segera mengajukan graduasi mandiri.



Pada artikel ini kami akan mengulas tiga tema utama berikut ini :

1.     Ada KPM PKH pada bulan Desember ini cair 8 juta rupiah ?

2.     Tanggal 25 Desember 2020 akan ada pemblokiran rekening peserta pkh dengan kriteria ini?

3.       Apakah bantuan pkh akan cair di bulan desember 2020?

Langsung saja kita bahas informasi yang pertama yaitu “ Ada KPM PKH pada bulan Desember cair 8 juta rupiah ? Kira-kira siapa ya… dan komponennya apa? Ko bisa banyak banget dapatnya?

Ada informasi resmi dari Kementrian sosial telah selesainya rekon nasional (rekon adalah pencocokan atau pengecekan peserta pkh  yang telah mencairkan bantuannya dan yang belum mencairkan bantuannya)  penyaluran bansos smester pertama dan ke dua tahun 2020 dan ternyata terdapat beberapa peserta PKH yang tidak dapat mencairkan bantuannya selama tiga tahap atau lebih disebabkan karena :

1.     Belum Terima BUtab dan KKS

2.     KKS Kartu Keluarga Sejahtera Rusak

Karena jika sampai pada tanggal 14 Desember 2020 saldo yang ada direking peserta PKH tersebut tidak dicairkan maka Bantuannya akan dibekukan dan dikembalikan ke kas Negara. Waw…

Sahabat menarasiger.com, Sebagai contoh dampingan saya ada peserta PKH dengan inisial ibu “ IY “, namanya masuk peserta PKH dengan komponen 2 anak SD, 1 anak SMP dan 1 anak SMA. Dan ibu “ IY ” belum pernah melakukan pencairan selama 4 tahap dari bulan Januari s.d Desember 2020.

Kemudian petugas bansos bank melakukan print out buku tabungan, total saldo yang ada direkeningnya sejumlah 8 juta rupiah, saldo tersebut merupakan akumulasi atau total Bantuan PKH yang diterimanya selama 1 tahun.

Namun dana bantuan yang nilainya besar tersebut tidak dapat dicairkan disebabkan KKS rusak, sedangkan untuk menerbitkan KKS yang baru pihak bank mengharuskan yang bersangkutan datang dan tidak bisa diwakilkan. Sedangkan saat ini ibu “ I Y “ sedang menjadi TKI di Taiwan dan masih memiliki kontrak 2 tahun lagi.

Saya sebagai pendamping dan anak KPM tersebut mencoba melakukan negosiasi kepetugas bank agar dapat mencairkan bantuan tersebut, atau menerbitkan KKS yang baru, alhasil bantuan tersebut tidak dapat dicairkan.

Pihak bank tetap menjalankan SOP (standar Oprasional Prosesdur) dalam melakukan pencairan tabungan, mengharuskan yang memiliki rekening bisa hadir dengan membawa ektp, dan jika sampai pada penghujung tahun dana tersebut tidak dicairkan oleh KPM kemungkinan besar akan ditarik kembali oleh kemensos.

Kejadian yang dialami ibu “IY” menjadi pelajaran berharga bagi kami dan peserta PKH agar bisa menjadi KKS nya dengan baik jangan sampai rusak, terblokir akibat memasukan PIN atau hilang, terlebih jika KPM tersebut sedang merantau dan KKS dititipkan ke anaknya atau suaminya.

Baca Juga : CAIR HARI INI. BANTUAN UMKM MELALUI SMS NOTIFIKIASI. INI DAERAHNYA

Kemuadian yang ke 2 Tanggal 25 Desember 2020 akan ada pemblokiran rekening peserta pkh dengan kriteria ini? Jadi yang dimaksud pemblokiran adalah pembekuan KKS disebabkan tidak ada transaksi dalam rekening tersebut, kami menghimbau kepada KPM jika bansos sudah turun maka segera untuk melakukan penarikan, dan jika ingin menabung maka bisa menggunakan ATM yang lainnya.

Dan pembahasan yang ketiga adalah apakah ada kemungkinan pencairan pkh tahun 2021 dialkukan di akhir Desember 2020?

Sudah banyak sekali yang menanyakan kapan pencairan PKH tahun 2021 di mulai? Apakh mungkin di akhir Desember 2020? Jawabnya pasti tidak mungkin di akhir Desember 2020. Karena anggaran belanja pemerintah untuk tahun 2021 tidak mungkin bisa direalisasikan di tahun 2020.

Lalu kapan pencairan PKH 2021 dimulai? Berdasarkan pengalaman di tahun 2018 dan 2019 kemungkinan besar akan mulai tersalur menggunakan system perbulan pada minggu ke 2 atau 3 di bulan Januari 2021.

Terimakasih

 


Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan