JADWAL PENCAIRAN PKH TAHUN 2021

Assalamualaikum, sahabat menarasiger.com pada video ini kami akan berbagi informasi jadwal pencairan pkh tahun 2021, mengingat untuk penyaluran pkh di tahun 2020 sudah selesai dilakukan.

Bansos PKH PKH merupakan salah satu jenis Bansos yang akan tetap dilanjutkan di 2021 karena program ini dianggap sangat efektif untuk mengurangi angka kemiskinan dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.



Kelebihan PKH dengan bansos yang lain adalah dalam program PKH keluarga penerima manfaat bukan hanya menerima bantuan dalam bentuk uang tunai, namun ada pertemuan kelompok atau pembelajaran P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga).  Banyak sekali materi yang bisa disampaikan oleh pendamping, mulai dari pendidikan dan pengasuhan anak, kesehatan ibu hamil sampai dengan bagaimana mengatur keuangan keluarga dan menyusun sebuah rencana usaha.

Dengan adanya pertemuan kelompok tersebut diharapkan KPM mengubah prilaku dalam kehidupannya menjadi lebih baik sehingga lebih cepat mengantarkan untuk menjadi keluarga sejahtera dan mengundurkan diri dari program tersebut.

Program ini ada sejak tahun 2007 dan terus ditingkatkan kepesertaannya sampai dengan sekarang.

Kemudian bagimana dengan Jadwal pencairan PKH tahun 2021 ? kapan kah akan mulai di cairkan? Untuk menjawab hal tersebut sebagaimana kita pahami pada pencairan sebelumnya ada dua kemungkinan :

Yang pertama pencairan menggunakan sitem pertahap/pertriwulan :

Untuk tahap 1 (Januari Februari dan Maret) dicairkan di bulan Januari

Untuk Tahap 2 ( April Mei dan Juni ) Dicairkan dibulan April

Untuk Tahap 3 (juli Agustus dan September) dicairkan di bulan Juli

Dan Untuk Tahap 4 (Oktober November dan Desember) dicairkan di bulan Oktober

Dan disetiap tahap akan selalu di mutakhirkan datanya oleh masing-masing pendamping, jika ada perubahan maka nilai bantuan juga akan mengalami perubahan.

Kemudian kemungkinan yang ke dua adalah menggunakan skema perbulan sebagaimana yang terjadi di tahun 2020 akibat dampak pandemic covid19, pencairan bansos pkh dilakukan perbulan agar dapat mempertahankan daya beli masyarakat dan memberikan daya ungkit untuk Ekonomi Indonesia yang mengalai perlambatan.

Demikianlah tadi 2 kemungkinan jadwal pencairan PKH di tahun 2021, namun untuk lebih tepatnya kita masih menunggu aturan dan kebijakan pkh 2021, untuk KPM yang masih memiliki kreteria sebagai penerima PKH maka akan tetap mendapatkan bantuan tersebut diantaranya adalah masih memiliki komponen dan masuk katagori kelurga tidak mampu.

Selbaliknya bonsos pkh tidak dapat cair/atau keluar dari peserta PKH jika sudah tidak memiliki komponen dan sudah sejahtera secara ekonomi.

Ok sahabat menarasiger.com demikinlah tadi informasi terkait jadwal pencairan pkh tahun 2021 mudah2an informasi ini bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan