Pendaftran Bantuan UMKM 2.4 Juta Di Buka Kembali

 

Pemerintah telah meluncurkan program Bantuan Presiden UMKM sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan kepada pengusaha mikro sebagai modal untuk membuka usahanya di tengah badai covid 19 ini.

Awalnya program ini direncanakan akan ditutup pada bulan September 2020. Namun, lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah target pelaku usaha sebanyak 3 juta pelaku usaha mikro, maka program ini diperpanjang hingga Desember 2020.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pendaftaran program Bantuan Presiden atau Bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta masih terus dibuka.

Sebab kata dia, hingga September 2020, penyerapan Banpres UMKM 2.4 juta masih belum mencapai 100 persen.


"Per 21 September 2020 baru mencapai 64,5 persen, sementara terakhir ini dari bulan Agustus hingga September mencapai 72,46 persen.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman saat dihubungi media online terpercaya mengungkapkan

"Memang awalnya kita targetkan hanya 9 juta pelaku usaha mikro, tapi dengan adanya tambahan pagu sebanyak 3 juta pengusaha mikro lagi yang akan diberikan bantuan, maka total pelaku usaha mikro yang akan mendapatkan bantuan ini sebanyak 12 juta pelaku usaha mikro,"

Menurut dia, dengan adanya tambahan pagu tersebut, pihaknya akan menggenjot penyerapannya hingga bisa tersalurkan ke beberapa wilayah yang penyerapannya masih sedikit seperti Maluku, Kalimantan, hingga NTT.

Dengan demikian Pemerintah  berharap, program Banpres  UMKM 2.4 Juta ini bisa disalurkan secara merata hingga ke seluruh pelosok Tanah Air. "Kami melihat, wilayah yang penyerapannya masih sedikit itu wilayah yang berada di luar pulau Jawa. Makanya dengan adanya tambahan pagu ini, kami mau menggenjot penyerapannya hingga ke sana," ucapnya.

Dengan adanya informasi ini maka menjadi angin segar/kabar gembira untuk pelaku UMKM yang belum melakukan pendaftaran Banpres tersebut, adapun cara melakukan pendaftaran adalah sebagai berikut :

Pendaftar langsung menghubungi Dinas Koperasi dan UKM di kab.kota masing-masing dan langsung mengkonfirmasi informasi pendaftaran tersebut, karena tempat pendaftaran bantuan ini adalah dimasing-masing dinas koperasi dan UMKM kab.kota.

Adapun syarat untuk mendaftar Banpres UMKM 2.4 Juta adalah :

- pelaku usaha merupakan WNI,

- mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK),

- mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul,

- pengusaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable),

- bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Ok Sahabt UMKM banyak sekali pertanyaan terkait program Banpres UMKM 2.4 juta di kolom komunitas di chanel ini :

1.     Bagaimana dengan pendaftar yang sudah mendapatkan sms notifikasi dan sudah melakukan verifikasi ke bank, namun Bantuan UMKM 2.4 Juta belum juga di buka blokirnya?

 

Untuk menyikapi hal ini kami sarankan untuk pendaftar agar tetap tenang dan jangan galau karena dana tersebut dapat dipastikan akan tetap cair dan sudah banyak yang mengkonfirmasi pencairan di kolom komentar chanel ini.

 

Pihak bank hanya bertugas mengverifikasi data calon penerima Banpres, jika dinyatakan tidak ada pinjaman KUR atau kredit berbasis perbankan dan syarat lainnya dalam program ini maka untuk selanjutnya kewenangan buka blokir diserahkan ke pusat dan ada kemungkinan buka blokir dilakukan secara masal berdasrkan data yang sudah berhasil diverifikasi.

 

Jadi tidak perlu datang berkali2 ke bank untuk menyakan status blokirnya cukup sesekali cek ATM masing-masing. Karena dana akan masuk otomatis dan dapat dilakukan tarik tunai atau transfer ke rek lainnya.  Dan berdasarkan informasi dari petugas bank untuk waktu bisa 1 s.d 2 minggu atau lebih blokirnya akan terbuka.

 

2.     Bagaimana dengan sahabat UMKM yang sudah sudah mendapatkan sms Notifikasi?

 

Untuk sahabat UMKM yang sudah mendapatkan SMS Notifikasi kami sarankan jangan buru2 mengecek dana tersebut melalui ATM karena tidak akan mungkin terlihat saldo yang masuk sebab dana tersebut masih dihold/diblokir. Yang harus dilakukan adalah  segera datang ke bank tanpa berwakil untuk verifikasi, bawa foto kopi KTP,KK, Buku Tabungan, ATM beserta Aslinya, kemudian ada tiga lembar surat pernyataan dari bank yang harus di tanda tangani.

Bantuan UMKM yang tidak diverifikasi selama 3 bulan maka akan dikembalikan ke kemenkop oleh bank. Jadi jangan ditunda2 untuk melakukan verifikasi ya..

 

3.     Bagaimana para pendaftar yang belum mendapatkan SMS Notifikasi dan pemberitahuan dari aparat setempat?

 

Dalam hal ini ada beberpa kemungkinan, yang pertama bisa jadi data belum selesai di valiadasi sehingga statusnya masih bisa ditunggu sampai akhir bulan Desember, yang kedua kemungkinan saldo sudah masuk tapi tidak mendapatkan sms notifikasi karena ada kesalahan dalam pengetikan nomor hand pone, maka tidak ada salahnya untuk mengeprin buku tabungan, karena ada sahabt umkm yang tidak mendapatkan sms notifikasi tapi ketika print out butab ada saldo 2.4 juta rupiah, dan kemungkinan yang ketiga adalah tidak lolos validasi karena beberapa hal yang tidak dapat saya jelaskan secara detail dalam artikel ini.

Karena yang berwenang menetapkan calon penerima bantuan UMKM adalah kemenkop berdasrkan usulan dari lembaga pengusul.

 

Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan