Format RPP 1 Lembar Terbaru 2020



Sahabat menarasiger.com Format RPP 1 Lembar Terbaru 2020 berdasarkan Permendikbud surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang berisikan tentang point-point sebagai berikut :


1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi pada murid.

2. Bahwa dari 13 (tiga belas)  komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesment) yang wajib dilaksankan oleh guru, sedangkan komponen lainny bersifat pelengkap.

3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid.

4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1, 2 dan 3.

Surat edaran tersebut dikeluarkan pada tanggal 10 Desember 2019 dan di tanda tangani oleh Mentri Pendidikan   Nadiem Anwar Makarim di Jakarta.

Berdasarkan surat edaran diatas maka format RPP dapat disederhanakan dan diefesienkan menjadi 1 lembar sehingga memudahkan dan tidak terbebani dengan administrasi. Yang menarik dari surat edaran tersebut adalah point ke dua, yang pada permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 wajib mencantumkan 13 (tiga belas) komponen RPP maka dapat disederhanakan menjadi tiga komponen inti saja :

1. Tujuan pembelajaran
2. Langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran
3. Penilaian Pembelajaran (assessment)

Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi guru yang selama ini terbebani oleh administrasi pembelajaran yang cukup banyak dan melelahkan, belum lagi jika da monev dari tim pengawas.

Berikut beberapa Tanya Jawab seputar penyederhanaan RPP oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim :

Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?
     Jawaban : Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bias lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.


     Apa yang dimaksud dengan prinsip efesien, efektif dan berorentasi pada murid?
Jawaban : Efesien berti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berorentasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar murid dikelas.


 Apakah RPP dapat dibuat singkat, misal hanya satu halaman?
Jawaban : Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi pada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

 Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP?
Jawaban : Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih dan mengembangkan dan menggunkan RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi kepada murid.

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?
Jawaban : Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang dibuatnya. Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efesien,  efektif dan berorentasi pada murid.

Berapa jumlah komponen dalam RPP ?
Jawaban : Ada tiga komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan) dan penilaian pembelajaran (assessment). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar  murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efesien.

Berikut contoh Format RPP 1 Lembar Terbaru 2020 semoga dapat menjadi pedoman dan file dapat di unduh di link berikut ini Format RPP 1 Lembar Terbaru 2020

Untuk mengunduh Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 dapat klik tautan berikut ini PermendikbudNomor 14 Tahun 2019



Subscribe to receive free email updates:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan