Cara Mudah Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan




Sahabat menarasiger.com. Cara melakukan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan ternyata sangat mudah dan cepat, yang terpenting adalah syarat-syarat administrasi yang dibutuhkan telah dipenuhi dengan baik. BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya bernama Jamsostek merupakan lembaga asuransi perlindungan pekerja di Indonesia, adapun yang dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah JHT atau Jaminan Hari Tua dapat di klaim saat kita telah resign atau tidak berkerja lagi, kemudian JKK atau Jaminan Kecelakaan Kerja dan yang terakhir adalah JKM atau Jaminan Kematian.




Untuk melakukan Klaim JHT atau jaminan hari tua sangat mudah dan cepat, berdasarkan pengalaman kami yang melakukan Klaim JHT di kantor BPJS Ketenagakerjaan Lampung Tengah yang beralamatkan di Seputih Jaya, Kec. Gn. Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung tepatnya di depan RS Harapan Bunda.  Syarat utama untuk mencairkan JHT 100% adalah kita sudah tidak berkerja lagi disebabkan resign ataupun terkena dampak PHK perusahaan, adapun syarat administrasi yang diperlukan adalah :

1. KTP asli dan foto copynya
2. KK Kartu Keluarga asli dan foto copynya
3. Kartu BPJS Ketenaga kerjaan Asli dan foto copynya
4. Buku Rekning Bank Asli dan foto copynya (Kalau di Lampung Tengah dengan BRI)
5. Paklaring (Surat pengalamanan bekerja/surat keterangan sudah berhenti bekerja)

Jika berkas-berkas tersebut telah lengkap masukan kedalam map dengan rapi, usahakan datang ke kantor BPJS lebih awal agar dapat nomor antrian pertama, tapi yang perlu dingat bahwa kantor BPJS Ketenagakerjaan tidak serami dan sesibuk Kantor BPJS Kesehatan ya… tapi jika kita datang lebih awal akan lebih baik. Ketika kita masuk ke kantor langsung disambut dangan senyum oleh satpam dan diarahkan untuk mengisi aplikasi klaim yang terdiri beberapa lembar tinggal isi dan centang-centang saja ya… jangan panik…

Baca Juga : Contoh surat kronologis kematian untuk klaim asuransi

Setelah selesai mengisi aplikasi kemudian kita diarahkan untuk mengambil no antrian, tunggu beberpa saat sampai ada panggilan dari customor service, customor service memanggil untuk mengverifikasi aplikasi yang telah kita isi sebelumnya dan disinilah bisa langsung kita tanyakan berapa nominal JHT yang bisa kita klaim. Setelah dianggap lengkap dan cukup kita diarahkan untuk duduk kembali untuk selanjutnya menunggu panggilan dari customor service yang ke 2.

Ting tong…. “ selanjutnya peserta dengan no antrian…. Diharapakan dapat menghadap ke CS no…” bersegeralah datang ke CS yang dimaksud, dingat nama ibu, bapak dan mertua juga ya... tanggal lahir kita juga karena petugas akan menanyakan secara spontan dan acak untuk memastikan bahwa yang ada di kartu BPJS adalah benar kita sendiri, karena tidak boleh diwakilan. Dan sesi terakhir adalah foto, kita akan difoto dengan kamera yang langsung terhubung ke komputer. Kemudian disampaikan bahwa dana JHT yang kita miliki akan dikirim 1 X 24 jam jika belum cair juga maka tunggu samapi 1 minggu. Namun berdasrkan pengalaman admin tidak memutuhkan waktu yang lama karena sorenya langsung ada tranferan JHT dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sungguh pelayanan yang baik dari petugas BPJS Ketenagakerjaan, semoga pengalam kami ini dapat memberikan gambaran cara klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan dan semoga bermanfaat. Jangan lupa JHT sebaiknya kita gunakan untuk merintis usaha setelah kita tidak bekerja ya gaes…. Tetap semangat dan jaga kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan"

Posting Komentar

tinggalkan pesan