Contoh Soal Latihan Tes PKH 2019


Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Bantuan PKH 2019

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.



Melalui PKH, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan  pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Misi besar PKH untuk menurunkan kemiskinan semakin mengemuka mengingat jumlah penduduk miskin Indonesia sampai pada Maret tahun 2016 masih sebesar 10,86% dari total penduduk atau 28,01 juta jiwa (BPS, 2016). Pemerintah telah menetapkan target penurunan kemiskinan menjadi 7-8% pada tahun 2019, sebagaimana tertuang di dalam RPJMN 2015-2019. PKH diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan kesenjangan (gini ratio) seraya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Baca Juga : Soal Tes Tulis SKB Rekrutment Pendamping PKH

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa PKH memberikan dampak terhadap perubahan konsumsi rumah tangga, seperti di beberapa negara pelaksana CCT lainnya. PKH berhasil meningkatkan konsumsi rumah tangga penerima manfaat di Indonesia sebesar 4,8%.


Dan tahun ini Kementrian Sosial RI kembali membuka rekrutment SDM PKH 2019, kunjungi link berikut untuk mendaftar https://ssdm.pkh.kemsos.go.id. Kemudian, pelamar yang lulus seleksi administrasi pendamping sosial PKH Kemensos harus mengikuti psikotes dan kompetensi bidang pada 12-14 Maret 2019. Pengumuman hasil seleksi diumumkan pada 21 Maret 2019.

Bagi anda yang telah berhasil registrasi sebaiknya mempersiapkan materi-materi yang akan diujikan, karena panitia hanya akan mengambil peserta tes yang terbaik. Adapun materi-materi yang diujikan adalah pengetahuan tentang PKH, UUD, Undang-undang tentang sosial dan Psikotes biasanya ada di bagian akhir dari soal.


Untuk membantu rekan-rekan yang sedang berjuang kami sajikan contoh-contoh soal tes tulis PKH. salah satu contohnya adalah sebagai berikut :  

Pilih lah Jawaban a,b,c dan d yang paling benar !

1.    KPM yang ditetapkan sebagai sasaran PKH adalah keluarga yang memenuhi komponen dan kriteria PKH sesuai dengan ketentuan yang berlaku berdasarkan:

          a.    pendamping pendamping
          b.    hasil validasi data calon penerima manfaat PKH dan telah dibukakan rekening bank
          c.    adanya kesepakatan antara pendamping dengan rapat desa
          d.    rapat desa
          e.    kesepakatan rapat desa dan dinas sosial kabupaten/kota

Pilihan terbaik adalah: hasil validasi data calon penerima manfaat PKH dan telah dibukakan rekening bank 

Untuk memudahkan kami lampirkan file dalam bentuk PDF pada laman di bawah ini :
Selamat belajar semoga anda semua lulus sebagai SDM PKH 2019.
Kami juga menyediakan 100 contoh soal pengetahuan tentang PKH bagi yang berminat bisa konfirmasi ke no WA 085711824676




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal Latihan Tes PKH 2019"

Posting Komentar

tinggalkan pesan