Laporan Bulanan Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH)



Sahabat menarasiger.com yang saya banggakan, sebuah kebahagiaan tersendiri menjadi Pendamping Sosial di Kemensos. Program yang dirumuskan sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini masih tetap di lanjutkan sampai pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, bahkan di tahun ini jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kuotanya ditambah. Sebuah bukti bahwa program ini sangat bermanfaat dan tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Menjadi pendamping sosial adalah tugas mulia, dekat dengan keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan bantuan sosial, di saat itulah kami menjadi lebih bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT anugrahkan, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang hidup penuh dengan keprihatinan dan jauh dari kata sejahtera, rumah yang sangat sederhana, pakaian yang lusuh dan raut wajah yang menyimpan sejuta rasa kesedihan, hadirnya kami terkadang menjadi sebuah harapan tersendiri buat mereka. 

Sebagai pendamping sosial, selain menyalurkan bantuan langsung non tunai harus mampu mengedukasi KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bahwa yang tersulit bukanlah untuk mendapatkan bantuannya, tapi bagaimana KPM bisa keluar dari program ini dan menjadi keluarga sejahtera sehingga tidak perlu lagi mendapatkan bantuan.

Sebaliknya hati kami miris melihat mental rakyat indonesia yang akrab dengan kata-kata kurang mampu dan miskin, jiwa masyarakat Indonesia perlu lebih di tempa lagi, nyatanya banyak keluarga sejahtera tapi mentalnya miskin, iya mentalnya MISKIN. Dengan memanfaatkan sanak family yang bertugas sebagai aparat kampung, dengan tidak malu-malu mereka terdaftar sebagai KPM. nah disinilah tugas sebagai pendamping untuk mengedukasi dan mengalihkan haknya kepada yang lebih berhak menerimanya. 

Sahabat menarasiger.com selain tugas-tugas diatas pendamping sosial juga diharuskan mendokumentasikan semua kegiatan yang dilakukakan sebagai bahan laporan bulanan, karena hal ini merupakan kewajiban pendamping sosial untuk mendapatkan haknya di akhir bulan. Untuk pendamping baru contoh laporan bulanan ini Insya Allah bermanfaat, ada beberpan point yang harus ada dalam Laporan Bulanan.

1. Halaman Sampul
2. Lembar Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Data Wilayah Dampingan
6. BAB I 
    Pendahuluan
    Latar Belakang
7. BAB II
    Realisasi Kegiatan Bulan Berjalan
    Pelaksanaan Kegiatan
    Progres Capaian
8. BAB III
    Kendala dan Langkah Penyelesaian
9. BAB IV
    Rencana Kegiatan Bulan Berikutnya
10. BAB V
      Kesimpulan dan Saran
11. Lampiran-lampiran
      Daftar Hadir Pendamping
      Formulir Cek list Kegiatan
      Foto Dokumentasi kegiatan

Untuk lebih jelasnya kawan-kawan pendamping bisa langsung mengambil file dalam format Microsoft Office DISINI





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Bulanan Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH)"

Posting Komentar

tinggalkan pesan