Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif



Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru 2018/2019 terasa begitu cepat waktu demi waktu berlalu, mudah-mudahan para pendidik selalu diberi kesehatan dan keberkahan dalam hidup. 

Semua perangkat pembelajaran menjelang tahun ajaran baru harus segera disesuaian dengan tugas masing-masing pendidik, jika masih mengampu materi dan kelas yang sama mungkin tidak banyak yang berubah perangkat pemebelajaran yang dimiliki ya sedikit mengedit tahun ajaran baru. 

Namun bagi guru yang mengampu materi yang berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya maka inilah saatnya untuk kembali belajar menyiapkan perangkat-perangkat pembelajarannya.


Namun sebelum menyusun silabus dan RPP wajib bagi guru mengetahui distribusi pekan efektif dan pekan tidak efektif dalam satu smester, hal ini penting untuk mengetahui berapa jumlah pertemuan yang akan di lakukan dengan murid, serta pencaian materi yang harus di sampaikan dalam satu smester.

Lalu bagaimana cara menghitung pekan efektif dan pekan tidak efektif?





perangkat uatama yang perlu disiapkan adalah :

1. Kalender Tahun masehi 2018
2. Kalender pendidikan dari dinas pendidikan atau kalender pendidikan sekolah

Sekarang kita tentukan dulu banyaknya pekan. Lihatlah dalam setahun ada berapa pekan. Lihat dulu setiap bulan. Pekan diawali dari Senin dan berakhir hari Sabtu. 

Satu bulan dianggap mempunyai 4 pekan apabila ada 4 hari senin. Dianggap 5 pekan jika ada 5 hari senin.

Bagaimana jika pekan terakhir hanya terdiri dari dua hari. Senin dan Selasa saja. Maka berlaku aturan hari tersebut masuk ke pekan pertama bulan berikutnya.

Kemudian, setelah mengetahui jumlah pekan setiap bulannya saatnya menghitung pekan efektif dan pekan tidak efektif.

Pekan efektif adalah pekan dimana proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan pekan tidak efektif adalah dimana proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan.

Untuk mengetahui pekan dimana tidak bisa melaksanakan proses belajar mengajar, cek kalender pendidikan. Pekan tidak efektif tersebut antara lain libur semester, libur hari raya, libur puasa, dan pelaksanaan ujian nasional.

Pekan efektif diperoleh dari jumlah pekan tiap bulan dikurangi pekan tidak efektif pada bulan tersebut, mudah bukan?? dalam menentukan pekan efektif dan pekan tidak efektif kerjakanlah bersama-sama guru dalam sekolah sehingga ada kesamaan dalam pelaksanaannya.

Pada prinsipnya guru adalah pendidik dan pendidik adalah pembelajar, mari bersama-sama tingkatkan kuwalitas profesionalisme kita sebagai pendidik. terus belajar dan terus berkarya serta berbakti untuk negeri, semoga hidup kita selalu diberkahi. Aamiin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Pekan Efektif dan Pekan Tidak Efektif"

Posting Komentar

tinggalkan pesan