Perangkat Pembelajaran Yang Wajib dimiliki Guru


Sahabat menarasiger.com menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah seperti yang di bayangkan oleh banyak orang, masuk kelas menjelaskan materi kemudian memberi tugas kepada muridnya, sangat mudah bukan? Berangkat pagi dan pulang menjelang siang, tidak seperti karyawan swasta yang harus pulang sampai dengan pukul 16.30, Belum lagi dengan informasi gaji yang mereka dapatkan jika statusnya sebagai ASN Apratur Sipil Negara, seorang guru dengan pangkat golongan IVb dapat menadapatkan gaji sampai dengan empat juta rupiah itu belum termasuk tunjangan sertifikasi, jika ditotal gaji mereka kurang lebih sampai dengan 7 juta rupiah atau lebih per bulannya. Sebuah profesi yang banyak diminati semua orang.

Namun semua anggapan diatas adalah keliru seorang guru yang akan mengajar harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang tidak sedikit dan disusun secara sistematis agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh muridnaya, ibarat seorang pekerja bangunan yang akan melakukan pekerjaannya dia harus menyiapkan segala perangkat yang di butuhkan baik itu palu, gergaji, meteran, bor dan lai-lain. Apalagi seorang guru sebagai pendidik yang akan melakukan tugas mulianya tentu tidak sedikit perangkat yang disiapkan, karena setiap tingkatan pendidikan memiliki target Standar Komtpeensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai. Untuk mengatur distribusi Standar Kompetansi dan Kompetensi dasar dalam 2 smester dibutuhkan kelender pendidikan yang mengatur minggu efektif dan minggu tidak efektif, dalam kalender pendidikan juga diatur tanggal ujian semester, ujian tengah smester dan lain-lain. Guru sebagai pendidik juga harus memiliki RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dimana didalam RPP dijelaskan langkah-langkah proses pembelajaran yang akan dilakukan dalam sebuah tatap muka atau pertemuan mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan proses belajar-mengajar.

Baca Juga : Anda Seorang Guru? Berikut hal-hal yang dibenci Murid

Berikut ini kami sebutkan perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh seorang guru :

1. Silabus
Silabus merupakan ringkasan dari kurikulum, dengan bergantinya kurikulum KTSP ke Kurikulum 2013 atau lebih familier disebut kurtilas maka guru-guru juga berbondong-bondong berhijrah kekurtilas, dalam silabus disebutkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar tiap-tiap tingkat satuan pendididkan serta indikator pencapaiannya. Guru tidak perlu bersusah payah menyusun silabus dari kurikulum yang sudah ada karena banyak sekali file-file silabus yang bisa didapatkan melalui browsing di internet.

2. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berarti mencakup hal-hal yang akan dilakukan dalam proses belajar mengajar, mulai dari pembukaan, masuk ke materi inti, evaluasi dan penutup. Metode yang digunakan juga disebutkan dalam RPP. Sukses atau tidaknya pembelajaran di kelas sangat di tentukan dari persiapan guru dalam menyusun RPP, sangat miris ketika guru sibuk menyusun RPP hanya untuk keperluan monev saja dan setelah monev selesai RPP hanya menumpuk di lemari-lemari guru dan tidak digunakan.

3. Prosem (Program Smester)
Program smester adalah daftar materi-materi yang akan direalisasikan dalam satu smester, distribusi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar terurai dengan jelas dan rinci dalam satu smester, sehingga ada batasan pencapaian yang harus di tempuh dalam satu smester dan pada smester berikutnya.

4. Prota (Program Tahunan)
Program Tahunan merupakan ringkasan dari program smester satu dan smester 2 terdapat target pencapaian materi yang harus dicapai dalam satu tahun pelajaran.

5.Jurnal Guru
Jurnal guru berfungsi sebagai bukti bahwa guru telah melakukan tugasnya dengan baik sesuai yang ada pada kalender pendidikan, setiap guru melakukan tatap muka dengan muridnya maka dia harus mengisi jurnal yang dimilki. Lalu apa saja yang tertuang dalam jurnal guru? Gambar di bawah ini bisa dijadikan dasar oleh guru untuk membuat jurnal guru.



6.Kalender Pendidikan
Yang membuat kalender pendidiakan adalah pihak sekolah dalam hal ini adalah kepala sekolah, kalender pendidikan sekolah mengacu pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh kemdikbud dan disesuaikan dengan Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing, dari dasar itulah dirumuskan kalender pendidiakan sekolah. Dalam kalender pendidikan tercantum berapakah minggu efektif dan minggu tidak efektif dalam satu tahun pelajaran, kepala sekolah juga dapat menuangkan program-program sekolah yang mana pelaksanaannya sudah di tuntukan dalam kalender tersebut, sehingga agenda-agenda dapat terprogram dengan baik.

7. Lembar Penilaian Siswa
Lembar penilaian siswa atau sering disebut leger nilai berfungsi sebagai dokumentasi hasil evaluasi murid, sehingga seorang guru dapat menganalisa perkembangan muridnya dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, lembar penilaian siswa mencakup nilai-nilai sebagai berikut a.  UH (Ulangan Harian)
b. Tugas
c. UTS (Ulangan Tengah Smester)
d. US ( Ulangan Smester)

Demikianlah sahabat menarasiger.com perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru sebagai guru, berhasil atau tidaknya proses pembelajaran sangat bergantung pada perangkat diatas, memang guru bisa saja masuk ke dalam kelas dan mengajar dengan modal buku pegangan guru tanpa memperhatikan perangkat diatas, namun hasil yang dicapai guru tidak dapat terukur dengan baik karena pembelajaran dilakukan secara seporadik begitu juga hasil yang didapatkan akan jauh dari kata maksimal.
Namun jika perangkat-perangkat diatas dimiliki dan dijalankan maka hasil yang didapat guru akan memuaskan dan dapat terukur secara sistematis, dapat dijadikan bahan evaluasi di kemudian hari, sehingga profesionalisme guru juga akan meningkat, dan pendidikan Indonesia tentu akan lebih baik.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Pembelajaran Yang Wajib dimiliki Guru"

Posting Komentar

tinggalkan pesan