Menara Siger Ikon Provinsi Lampung



Sahabat menarasiger.com, Provinsi Lampung telah memmiliki ikon kebanggaan yaitu Menara Siger terletak di titik nol pulau Sumatra tepatnya di Lampung Selatan, bangunan berwarna kuning emas itu nampak jelas dari pelabuhan Bakauhuni, bagi sahabat menarasiger.com yang melakukan perjalan menggunakan jasa kapal Fery nampak jelas berdiri kokoh diatas bukit yang hijau nan menawan, menjadikan yang menyaksikan bagunan tersebut semakin penasaran untuk segera visit terlebih dahulu.

Bangunan yang indah itu adalah impian Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. sempat memimpin Provinsi Lampung selama dua periode, diusung oleh partai PDI Perjuangan, dan pada saat artikel ini dibuat beliau menjadi Duta Besar Indonesia untuk Negara Kroasia, Beliau begitu antusias untuk mensukseskan proyek tersebut. Setelah terjadi tarik ulur dan perdebatan panjang antara anggota Dewan Provinsi Lampung akhirnya diketok palu juga dengan nilai anggaran Rp 15.000.000.000.

Bapak Gubernur sangat yakin berdirinya Menara Siger dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata, karena Menara Siger dapat menajdi pemikat wisatawan untuk mengeksplor Lampung baik dari sektor wisata alam, wisata budaya maupun wisata kuliner sehingga Provinsi Lampung semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Menara Siger dibangun oleh arsitek asli Lampung Ir. Hi. Anshori Djausal M.T. Desain bangunan enam lantai tersebut berada diatas ketinggian sehingga dibutuhkan hitungan yang cermat untuk memastikan bagunan tahan dari kencangnya terpaan angin, fisik bangunan menara berbentuk siger penuh dengan muatan filosofis dan budaya masyarakat lampung. Siger adalah topi adat pengantin perempuan Lampung, siger terdiri dari Sembilan rangkaian yang menunjukan Sembilan bahasa yang ada dilampung semakin menunjukan bahwa bangunan tersebut merupakan Lampung banget. Lampung yang kondusif, Lampung yang aman dan Lampung yang menghargai perbedaan.


Selain sebagai ikon kebanggaan masyarakat Lampung, Menara Siger telah menjadi ikon nasional yang membanggakan, maka sengaja blog ini kami buat dengan nama tersebut sebagai kesadaran kami sebagai masyarakat Lampung untuk lebih mengenalkan menara siger di alam jagat maya, kami cinta menara siger dan kami cinta lampung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Menara Siger Ikon Provinsi Lampung"

Posting Komentar

tinggalkan pesan