Cara Membuat Proposal Pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu 2017


Para mujahid pendidikan yang saya banggakan, sebelum membahas panjang lebar tentang proses pembuatan proposal ijin pendirian sekolah tidak ada perbedaan proses pendirian sekolah Dasar Islam Terpadu dengan sekolah Dasar pada umumnya, yang membedakan hanyalah praktek pembelajaran beserta KBM nya, pada sekolah Islam Terpadu materi-materi keislaman dimasukan dalam kegiatan KBM maupun di luar KBM, serta tidak ada panduan khusus dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kota.

Untuk mendirikan sekolah  salah satu syarat utamanya adalah pengurusan izin operasional, dangan cara membuat proposal yang baik dan benar kemungkinan besar Nomor ijin operasional dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) juga akan segera terbit, sehingga sekolah berhak mendapatkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).




Namun sebelum membuat proposal ijin operasional pastikan bahwa sekolah tersebut sudah berjalan kegiatan KBM, berarti ada murid, ada guru, dan gedung sekolah walaupun status gedung masih nyewa atau minjam ke sekolah lain. Tetapi jika gedung sudah milik sendiri itu lebih baik.

Jika sekolah swasta maka harus bernaung di bawah yayasan, dan jika belum memiliki yayasan maka langkah awalnya adalah mendirikan yayasan dan mendafrtarkannya ke Kemenkumham melalui notaris. Untuk yang bernaung di bawah yayasan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama maka tidak perlu melampirkan akta pendirian yayasan cukup dengan rekomendasi Majelis Dikdasmen tingkat kecamatan. Proposal ijin pendirian atas nama yayasan melaui panitia pendirian sekolah, untuk lebih jelas berikut isi propsal ijin operasional pendirian sekolah:

·      Cover Proposal Ijin Pendirian Sekolah
·    Surat permohonan ijin pendirian sekolah oleh pihak yayasan ditujukan ke Kepala Dinas Pendiidkan Kabupaten
·      Surat rekomendasi dari kampung
·      Surat rekomendasi dari UPTD Kecamatan
·      Surat rekomendasi dari kecamatan

A.      Pendahuluan
B.      Nama dan alamat sekolah
C.      Waktu, jumlah siswa dan tempat belajar
D.      Sarana penunjang dan status kepemilikan
E.       Asal Siswa
F.       Panitia Pendiri
G.     Pendidik dan tenaga pendidik
H.      Penutup
Lampiran-Lampiran
·         Berita Acara Pendirian sekolah
·         Daftar hadir panitia pendirian sekolah
·         SK Panitia Pendiri Sekolah
·         SK Pengankatan Kepala Sekolah
·         Data Sekolah/profil sekolah
·         Data pendidik dan tenaga kependidikan dan foto copy ijazah terakhir
·         Data peserta didik beserta Akta Kelahiran dan Piagam PAUD/TK
·         Foto copy Akta Nataris Yayasan
·         Foto copy seritifkat tanah/Akta Tanah wakaf Yayasan
·         Foto-foto kegiatan KBM, Sarana dan prasarana sekolah.
·         Peta Sekolah

Berdasarkan pengalaman dan cerita dari kawan-kawan tidak mudah untuk mendapatkan ijin operasional mengingat birokrasi pemerintahan yang berbelit di Indonesia, bisa dari UPTD yang tidak atau belum memberikan rekomendasi dengan alasan usia sekolah belum 3 tahun, atau dari pihak Dinas Pendidikan yang biasanya memberikan persyaratan-persyaratan tertentu, maka dalam hal ini merekomendasikan untuk memiliki afiliasi dengan orang-orang yang duduk di Dinas Pendidikan atau tokoh yang di pandang untuk di cantumkan dalam proposal yang dibuat.

Setelah semua tahapan telah selesai, serahkanlah proposal tersebut ke Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota setempat, selanjutnya akan di survey oleh pihak Kasi Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah.

Demikianlah langkah dan kerangka proposal ijin pendirian sekolah, mudah-mudahan bermanfaat dan bagi sahabat menarasiger.com dapat mendowload contoh proposal dapat menghubungi WA 085711824676 dengan format : Nama, Alamat, Nama Lembaga dan email.


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Membuat Proposal Pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu 2017"

  1. jazakallah khairan katsiran

    BalasHapus
  2. Saya minta file nya hendi, singocandi Kudus, LKP barokah, hendiprawiro1010@gmail.com

    BalasHapus
  3. Sy jg minta filenya pak. Kami baru mau mendirikan sekolah. Terima kasih. Email kami : spin.rinto@gmail.com

    BalasHapus

tinggalkan pesan